Lowongan Kerja - PKH Kemensos adalah program perlindungan sosial yang dicanangkan oleh Kementerian Sosial Pemerintah Republik Indonesia melalui pemberian uang tunai kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM), pemberian ini selama keluarga tersebut memenuhi kewajibannya. PKH diarahkan untuk membantu kelompok sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan, selain memberikan kemampuan kepada keluarga untuk meningkatkan pengeluaran konsumsi. Dengan adanya PKH dari Kemensos diharapkan dapat mengubah perilaku Keluarga Sangat Miskin untuk memeriksakan ibu hamil / Nifas / Balita ke fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah, dan mengirimkan anak ke sekolah dan fasilitas pendidikan. Kemudian dalam jangka panjang, PKH diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi.
Lowongan Kementerian Sosial Posisi :
PENDAMPING PKH
Deskripsi Kerja :- Melakukan Pemutakhiran Data
- Memfasilitasi dan menyelesaikan kasus pengaduan
- Mengunjungi rumah peserta PKH
- Melakukan koordinasi dengan aparat setempat dan pemberi pelayanan pendidikan dan kesehatan.
- Melakukan pertemuan bulanan dengan ketua kelompok dan seluruh peserta PKH
- Melakukan temu kunjung bulanan dengan petugas kesehatan dan pendidikan di lokasi pelayanan
- Memberikan motivasi kepada peserta PKH dalam menjalankan komitmen
- Melakukan upaya yang sinergi antara pendamping PKH dengan pemberi pelayanan kesehatan dan pendidikan dalam pengisian formulir verifikasi
- Melakukan pencatatan dan pelaporan
Syarat Khusus Pencaker :- Pendidikan minimal D3 diutamakan S1 dan diutamakan yang memiliki latar belakang pendidikan Kesejahtraan Sosial, Komunikasi, Psikologi, Pendidikan, Kesehatan, Hukum, Agama dan bidang ilmu lainnya.
- Dapat mengoperasikan komputer dan internet.
- Diutamakan yang bertempat tinggal di wilayah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili saat ini).
- Diutamakan memiliki pengalaman dalam kegiatan bidang Sosial Kemasyarakatan.
OPERATOR PKH
Deskripsi Kerja :- Memastikan kelancaran proses validasi, pemuktahiran data dan verifikasi pada wilayah kerjanya.
- Melakukan koordinasi dengan operator di pusat dan di daerah (Provinsi/Kabupaten dan kecamatan) terhadap pelaksanaan PKH (validasi, pemuktahiran data dan verifikasi)
- Berkoordinasi dengan tenaga ahli UPPKH Pusat dan Koordinator kewilayahaan terhadap pelaksanaan PKH(validasi, pemuktahiran data, dan verifikasi)
- Melaporkan setiap permasalahan yang timbul pada proses validasi, pemuktahiran data dan verifikasi di wilayah kerjanya kepada penanggung jawab dari setiap permasalahan yang timbul.
Syarat Khusus Pencaker :- Warga Negara Indonesia.
- Usia pada saat mendaftar maksimal 45 tahun.
- Sehat Jasmani dan rohani.
- Tidak menjadi anggota/pengurus/partisipan partai/anggota organisasi yang merupakan afiliasi dari partai politik.
- Bersedia bekerja purna waktu.
- Memiliki Kendaraan Bermotor minimal roda dua.
- Surat keterangan Domisili dari pejabat pemerintah setempat (Lurah/Kepala Desa/Camat)
Syarat Umum Pencaker :- Pendidikan minimal D3 diutamakan S1.
- Dapat mengoperasikan komputer dan internet dan aplikasi pengolah data perkantoran.
- Diutamakan yang bertempat tinggal di wilayah Kabupaten/Kota pelaksana PKH.
- Diutamakan memiliki pengalaman dalam bidang informasi teknologi.
Catatan : Pendaftaran & Seleksi Administrasi sampai dengan tgl 22 Februari 2015
Silahkan kirim Lamaran Kerja PKH Kementerian Sosial beserta kelengkapannya via pendaftaran ONLINE di :
PENDAFTARAN ONLINE PKH KEMENSOS